Subscribe Us

header ads

Hipnoterapi | Pentingnya Sesi Pra Terapi


Salam positif, sehat dan bahagia,
Pastinya anda saat ini sedang menikmati waktu senggang anda dengan santai dan bahagaia atau bisa saja tidak demikian, lupakan itu. Apapun saya tidak mengerti bagaimana anda dapat berada di sini tepatnya di artikel ini Hipnoterapi | Pentingnya Sesi Pra Terapi.
Saya pernah kedatangan tamu seorang pria untuk konsultasi terapi ibunya yang telah mengalami kondisi merasa tidak bisa tidur, kecemasan, gelisah, rasa sedih, jantung sering berdebar dll, setelah konsultasi dan diskusi panjang lebar dengan si anak, hari berikutnya ibu dan anak itu datang.
Menariknya dalam ceritanya ternyata mereka telah menjalani sesi hipnoterapi dengan seorang dokter yang sekaligus sebagai hipnoterapis, masih menurut cerita mereka bahwa sesi hipnoterapi saat itu “GAGAL”.
“ saya tidak bisa tidur pak, saya cuma disuruh tutup mata, terus orang itu bicara panjang lebar cerita saya harus bisa tidur…, saya diminta tenang dan jangan memikirkan semua, itulah pak, saya tidak tidur pak, saya mendengarkan orang itu ngomong panjang tapi saya tidak bisa pak ! “

*****

Kasus ini mengingatkan saat awal belajar hipnosis – hipnoterapi, salah satu trainer pernah bilang disela diskusi bahwa menangani klien hipnotherapi yang telah menjalani hipnoterapi sebelumnya tidaklah mudah, “kenapa ?”
Berkemungkinan klien semakin tidak percaya terhadap metode hipnoterapi, atau bahkan klien mengalami trauma untuk menjalani terapi dengan metode hipnoterapi.
[ EGP “Emang Gue Pikirin” ] mungkin itu kalimat yang tepat saat saya kedatangan tamu ini, saya melupakan semuanya bahkan mematikan daya kritis, yang terpenting saat ini adalah klien ini datang berarti ia percaya.
Sebelum menjalani sesi terapi, di klinik hipnoterapi“MPC” memang diwajibkan menjalani sesi konsultasi, baik keluarga maupun klien untuk membicarakan persoalan / masalah yang ingin diselesaikan.
Sesi konsultasi ini biasanya saya beri nama “Sesi Pra Terapi”, sesi ini adalah sesi yang sangat menentukan jalannya proses hipnoterapi nantinya, karena disinilah kita akan mengetahui sejauh mana klien memandang persoalannya dan bagaimana pemahaman klien tentang metode hipnoterapi.

HIPNOTIS vs HIPNOTERAPI
Dari beberapa kasus yang terjadi di klinik hipnoterapi “MPC”, sebagaian besar klien yang datang memiliki pemahaman yang sangat beragam akan tetapi memiliki kesamaan diantaranya bahwa mereka mendapatkan informasi hipnoterapi adalaha dari media.
Salah satu yang paling banyak adalah media elektronik seperti televise, dimana saat ini banyak sekali sajian yang menghadirkan aksi hipnotis panggung ( Stage hypnosis ), hal ini yang seringkali klien mengganggap bahwa terapi dengan hipnoterapi akan semudah menjentikkan jari terus masalah / persoalan akan selelai.
Sementara disisi lain, seringkali apa yang masyarakat lihat ditelevisi aksi hipnotis yang menampilkan seorang seperti tertidur, maka klien menunggu – nunggu proses hipnotis adalah dengan dia “tertidur” dengan tanpa merasakana apapun kecuali bangun dengan masalah yang hilang / luapa ( dianggap selesai ).
Kesimpualannya adalah bahwa bila anda memutuskan untuk menjadi seorang hipnoterapis yang professional, maka anda harus benar – benar siap dan mengerti bahwa siapapun klien yang datang ke klinik anda itu belum tentu mereka mengerti dan memahami metode hipnoterapi yang mereka inginkan.
Seringkali mereka benar – benar tidak mengerti dan memahami dengan baik metode hipnoterapi, hal ini tentunya akan menjadi persoalan yang sangat serius bila tidak disikapi dengan baik, bisa jadi akan menjadikan sesi hipnoterapi menjadi tidak efektif.
Seorang hipnoterapis sangat penting memberikan pemahaman dan pengertian pada klien sebelum sesi hipnoterapi dilaksanakan minimal klien bisa memahami dan mengerti tentang perbedaan Hipnotis vs Hipnoterapi, bagaimana hal – hal yang dilakukan dengan metode hipnoterapi dan hal – hal yang tidak dilakukan atau bagaimana penggunaan aplikasi hipnotis untuk kepentingan terapi yang tentunya berbeda dengan aksi hipnotis di panggung (Stage hypnosis).

Sesi Pra Terapi ( Konsultasi )
Sesi Pra Terapi, sebenarnya adalah sesi “Pre Induction” dimana sesi ini sangat bermanfaat untuk menjalin hubungan baik antara terapis dan klien, menggali sejauh mana persolan / masalah klien, dan persepsi klien terhadap masalahnya, tentunya hal ini akan membantu menentukan seberapa efektif sesi hipnoterapi dilakukan.
Bahkan pada sesi ini kita dapat mengetahui latar belakang klien, hal yang disukai dan yang tidak, sehingga akan membantu saat proses hipnoterapi dilaksanakan bahkan terapis dapat menentukan metode apa yang paling efektif untuk dilakukan hipnoterapi.
Selain data sesi pra terapi bisa juga dijadikan sarana untuk mengetahui tingkat suggestibility klien, yang tentunya akan sangat efektif membantu terapis dalam menentukan langkah selanjutnya.
Selain itu terapis harus juga memberikan pemahaman dan pengertian ( Hipnotic training ) atau edukasi tentang hipnotis – hipnoterapi pada klien, adapun hal yang perlu dipahami klien sebelum menjalani hipnoterapi adalah ;
·         Hipnotis / hipnoterapi tidak harus “tertidur”
Saat klien tidak mendapatkan informasi ini seringkali klien akan mengamati proses hipnoterapi dan menunggu proses “tertidur” sehingga saat ia tidak mendapatinya atau ia masih merasa tidak tertidur ia akan menganggap bahwa hipnoterapi tidak berhasil atau “gagal”.
·         Hipnotis / hipnoterapi, kalopun tertidur “tidak sama” dengan tidur biasa.
Masih sama dengan poin diatas, bila ini tidak disampaikan seringkali klien cenderung akan mengkritisi, atau mengamati secara seksama proses induksi, atau hipnoterapi yang dilakukan sehingga ia akan menganggap hipnoterapi tidak berhasil karena ia masih dapat mendengarkan suara terapis.
Sampaikan hal ini akan menjadikan klien melepaskan proses dan menikmati proses induksi sealamiah mungkin, kalau memang mengantuk ya jangan dilawan dan nikmati karena tubuh yang tertidur, tapi bawah sadar masih dapat mendengarkan suara terapis, dank lien akan merasa aman dan baik – baik saja tanpa mengkritisi.
·         Setiap orang berbeda tingkat sugetivitasnya.
Klien harus mengerti dan tahu bahwa tingkat sugetivitas setiap orang berbeda – beda, sehingga setiap sesi hipnoterapi akan memerlukan kesiapan / kesukarelaan klien untuk mengikuti sugesti / arahan terapis, karena sejatinya hipnoterapi adalah kerja sama yang baik antara klien dan hipnoterapis.
·         Konsep dasar pikiran, potensi bawah sadar dan cara pemrograman
Informasi tentang konsep dasar pikiran, potensi bawah sadar dan cara pemprograman akan sangat membantu klien lebih mengerti dan memahami tentang metode hipnoterapi yang nantinya akan menjadikan klien lebih siap menjalani sesi terapi tanpa persepsi yang berbeda.
Pastinya masih banyak lagi hal lain yang bisa ditambahkan untuk Sesi Pra Terapi yang bisa menjadikan sesi hipnoterapi lebih efektif, anda dapat menambahkan atau mengkreasikan hal lain yang menurut anda mendasar utuk disampaikan dan dimengerti klien.
Pastinya sesi pra terapi menjadi sesi yang sangat penting untuk kesuksesan sesi hipnoterapi itu sendiri, berhasil atau tidak berhasil sesi terapi sebenarnya sangat dipengaruhi kesan awal dan pemahaman klien tentang metode hipnoterapi itu sendiri.
Maka penting untuk terapis untuk melakukan sesi pra terapi atau edukasi tentang metode hipnoterapi yang akan dijalani sehingga benar – benar tidak ada persepsi yang salah yang klien miliki karena mendapatkan informasi tentang hypnosis dari televisi.


Salam positif, sehat dan bahagia

_/|\_

Aziz Amin